PENDAFTARAN UM


Kamu yang sejak beberapa tahun di jenjang SMA tertarik untuk menjadi mahasiswa di Universitas Negeri Malang atau UM. Maka sudah bisa mencoba mendaftar menjadi mahasiswa di universitas negeri di kota Malang tersebut. Jalur SNMPTN mungkin sudah tutup, namun jalur pendaftaran lainnya masih bisa dicoba.  

Cara Mendaftar Mahasiswa di Universitas Negeri Malang

Tahun akademik 2020/2021 di Universitas Negeri Malang untuk penerimaan mahasiswa baru di Strata 1 atau S1 dilakukan dalam tiga jalur. Jalur tersebut adalah: 

  1. SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. 
  2. SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri, dan 
  3. Seleksi Mandiri. 

Bagi kamu yang memang memiliki cita-cita untuk kuliah di Universitas Negeri Malang atau mungkin ingin menjadi tenaga pendidik di masa mendatang. Maka bisa mencoba mendaftar mahasiswa baru di universitas ini. Pendaftaran dilakukan secara online untuk semua jalur pendaftaran tersebut, silahkan mengunjungi https://um.ac.id/akademik/seleksi-mahasiswa/jalur-seleksi-masuk/ untuk mengetahui detail proses pendaftarannya. 

Berhubung tersedia tiga jalur pendaftaran, maka bis mengecek satu persatu detail persyaratan pendaftaran masing-masing jalur. Apabila selama di SMA atau MA dan sederajat memiliki prestasi akademis, maka bisa mencoba di jalur SNMPTN. Namun jika prestasi akademis sering naik turun maka bisa ke jalur SBMPTN maupun Seleksi Mandiri. 

Meskipun jalur pendaftarannya berbeda namun akan sampai di satu tujuan yang sama, yakni menjadi mahasiswa di Universitas Negeri Malang. Oleh sebab itu pastikan memilih jalur dan prodi yang tepat agar lebih mudah untuk lolos ujian masuk.