PENDAFTARAN UNIBRAW


Untuk kamu yang memiliki rencana kuliah di Universitas Brawijaya atau yang akrab disapa dengan sebutan UB. Tentunya perlu mulai mencari informasi mengenai tata cara pendaftaran di kampus negeri satu ini. UB sendiri merupakan universitas negeri dan terkemuka di kota Malang, Jawa Timur. Sehingga tidak keliru jika memprioritaskan diri untuk lolos menjadi mahasiswa di dalamnya. 

Jalur Pendaftaran Mahasiswa Baru di Universitas Brawijaya 

Jalur pendaftaran mahasiswa baru di UB sama seperti di PTN lain di Indonesia, yakni terdapat tiga jalur. Berikut detail tata cara pendaftaran di masing-masing jalur tersebut: 

  1. SNMPTN
    Jalur pertama adalah lewat SNMPTN yang bisa dituju untuk kamu yang memiliki prestasi akademik dan portofolio yang bagus selama SMA atau yang sederajat. Pendaftarannya online dan bisa dilakukan di website resmi UB. 

  2. SBMPTN
    Jalur kedua adalah SBMPTN yang dilakukan serentak di seluruh PTN di Indonesia, dan mengkombinasikan hasil tes berbasis komputer dengan tes Potensi Skolastik. Jalur ini bisa dijadikan alternatif jika kurang beruntung di jalur SNMPTN. 

  3. KIP Kuliah
    Jalur berikutnya adalah KIP Kuliah yakni Kartu Indonesia Pintar Kuliah yang merupakan program beasiswa. Beasiswa ini dari pemerintah dan ditujukan kepada mahasiswa kurang mampu yang ingin kuliah. 

  4. SPMK UB
    Jalur lainnya adalah SPMK UB, yakni jalur pendaftaran mahasiswa baru melalui tes atau ujian tertulis. Jika kamu baru lulus dan maksimal lulus lima tahun yang lalu maka bisa mendaftar lewat jalur ini. 

  5. SPKPD UB
    SPKPD adalah Seleksi Program Khusus Penyandang Disabilitas dan sesuai kepanjangannya memang ditujukan untuk calon mahasiswa yang menyandang disabilitas. Terdapat beberapa persyaratan khusus untuk bisa masuk lewat jalur ini, dan perlu diperhatikan sebelum mendaftar. 

  6. SAP UBSAP
    memiliki kepanjangan Seleksi Alih Program, sehingga jalur pendaftaran ini ditujukan untuk siapa saja yang ingin melanjutkan kuliah setelah menyelesaikan S1 maupun D3 sebelumnya. 

  7. SPMV UB
    SPMV atau Seleksi Penerimaan Mahasiswa Vokasi yang merupakan seleksi ujian tertulis untuk kamu yang ingin masuk ke program D1 maupun DIII di UB. 

Dari sekian jalur penerimaan mahasiswa baru di UB tersebut, mana yang paling cocok untuk kamu pilih? Pastikan memilih dengan benar agar lebih mudah lolos menjadi mahasiswa UB.